Solusi Lendingpot Menghadapi Tantangan Usaha di Indonesia

Solusi Lendingpot Menghadapi Tantangan Usaha di Indonesia

by
Laura
on
September 13, 2023

Bisnis dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Menurut Kementerian Keuangan Republik Indonesia, jumlah bisnis kecil dan menengah di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07% atau sekitar Rp 8.573,89 triliun. Bisnis tersebut mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja dan berhasil mengumpulkan hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia. Fakta ini mengukuhkan peran penting bisnis dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi negara.

Meskipun berperan besar bagi ekonomi negara, bisnis di Indonesia menghadapi berbagai tantangan yang menghambat perkembangan yang keberlanjutan. Dalam blog ini, kita akan membahas mengenai rintangan-rintangan yang dihadapi pebisnis dan bagaimana Lendingpot, sebagai platform digital yang membantu pemilik usaha untuk mendapatkan tawaran kredit usaha, berupaya untuk mengatasi masalah ini dengan layanan-layanan inovatifnya.

Mari membahas tantangan yang biasanya dihadapi pebisnis dalam mencari modal usaha ataupun pendanaan lainnya di Indonesia. Beberapa tantangannya antara lain:

1. Tawaran Produk Finansial yang Kompleks dan Beragam

Banyak platform pinjaman usaha bisnis di Indonesia yang masing-masing memiliki kriteria dan penawaran pinjaman yang berbeda, sehingga sulit bagi peminjam untuk menentukan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal itu diperburuk dengan sebagian besar bisnis di Indonesia belum memiliki ahli keuangan dan kurangnya pengetahuan di bidang finansial sehingga mereka kesulitan memilih solusi yang tepat.

2. Kurang Transparan dan Subjektif

Para pendana seringkali kurang transparan dengan kriteria kredit untuk para peminjam. Hal ini menjadi kendala bagi peminjam untuk mengetahui apakah pengajuan mereka akan memenuhi kriteria atau tidak. 

Disisi lain, sebagian peminjam di Indonesia juga kurang transparan dalam keperluan dokumen. Contohnya, seperti merekayasa pencatatan atau transaksi. Beberapa upaya ini sebenarnya yang membuat peraturan semakin kompleks.

3. Proses Aplikasi Pinjaman yang Tidak Efisien 

Prosedur aplikasi pinjaman tradisional bisa memakan waktu dan rumit, sehingga sulit bagi pebisnis untuk mencari bantuan keuangan ketika urgen. Hal ini mendorong para pebisnis untuk mendatangi berbagai lembaga pinjaman dan itu merupakan proses yang sangat melelahkan.

Melihat situasi tersebut, Lendingpot menciptakan solusi revolusioner dengan misi merevolusi cara peminjaman modal untuk bisnis. 

Berikut solusi yang ditawarkan oleh Lendingpot untuk para pebisnis:

1. Aplikasi yang lebih mudah

Lendingpot menyederhanakan proses persetujuan pinjaman, sehingga lebih cepat dan efisien bagi pebisnis untuk mendapatkan dana yang mereka butuhkan. Memanfaatkan model marketplace, Lendingpot memungkinkan peminjam untuk mengakses berbagai pendana melalui satu aplikasi. Tidak perlu datang ke kantor, hanya memerlukan proses online dari pengajuan hingga dokumen.

2. Konsultasi dengan Ahli Keuangan Profesional

Lendingpot memahami bahwa tidak semua pebisnis memiliki staf keuangan khusus. Oleh karena itu, setiap aplikasi ditugaskan kepada seorang Client Success Manager (CSM) yang didedikasikan untuk memastikan pebisnis mendapatkan panduan selama proses pinjaman. CSM memastikan bahwa aplikasi pinjaman disiapkan dan setiap pilihan dijelaskan dengan jelas kepada peminjam sehingga menghasilkan solusi yang tepat untuk kebutuhan.

3. Beragam Pilihan

Lendingpot bertujuan untuk menyediakan beragam solusi dan penawaran dari berbagai pendana, termasuk bank dan perusahaan pembiayaan lainnya. Dengan begitu, Lendingpot mampu meningkatkan peluang persetujuan dan memberikan pilihan suku bunga yang lebih kompetitif.

Atas komitmen dan dukungan dari Lendingpot, diharapkan bisnis di Indonesia dapat mengatasi hambatan secara finansial, membuat inovasi dan terus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Bagi para pebisnis yang sedang merencanakan atau menjalankan usahanya, ingatlah bahwa semangat kewirausahaan dan dedikasi Anda bisa mengatasi segala rintangan. Sambutlah peluang-peluang dengan hal yang Lendingpot tawarkan dan ubah tantangan menjadi kesempatan untuk sukses.

Apakah Anda siap melangkah lebih maju? Lendingpot siap mendukung perjalanan bisnis Anda! Mari kita bekerja sama untuk menggali potensi usaha Anda dan menciptakan masa depan yang lebih baik.


Lendingpot sebagai portal digital ketermuka yang bertugas membantu UKM untuk mendapatkan akses ke berbagai pendana yang terdiri dari partner bank maupun non-bank, lembaga keuangan terpercaya di Indonesia. Hal ini bertujuan agar kami dapat membantu pelaku bisnis untuk mengetahui informasi yang transparan dalam sektor pembiayaan UKM, seperti pinjaman modal kerja, pinjaman properti, pembiayaan atas piutang, dan lainnya.


Bisnis di Indonesia
Pinjaman Bisnis
Modal Bisnis
Platform Pinjaman
Tantangan Bisnis di Indonesia
Bantu Modal Bisnis
Bisnis Indonesia Maju
Bisnisbangkit
Artikel populer lainnya:

Layanan Pengaduan Konsumen  

Pengaduan Online:

Email: Ask@lendingpot.id

Contact: +62 878-6589-0101

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga  

Kementerian Perdagangan RI  

WhatsApp : +62 853 1111 1010