Pentingnya Perencanaan Strategis untuk Kemajuan Bisnis Anda

Pentingnya Perencanaan Strategis untuk Kemajuan Bisnis Anda

by
Laura
on
January 17, 2024

Dunia bisnis berkembang dengan pesat dan kompetitif. Hal ini ditandai dengan banyaknya ujian dan tantangan yang menguji perkembangan bisnis. Mampu bertahan atau tidaknya bisnis bergantung pada kemampuan mereka menghadapi tantangan yang datang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghadapinya yaitu dengan mempersiapkan perencanaan strategis (strategic planning).

Perencanaan strategis merupakan sebuah rencana yang memandu bisnis melalui rintangan perdagangan modern. Pentingnya proses ini selaras dengan temuan dari Palladium Group, yang mengungkapkan bahwa 77% kesuksesan perusahaan disebabkan pada kerangka perencanaan strategis yang kuat dan tidak hanya ada dalam teori tetapi diimplementasikan ke dalam kegiatan bisnis sehari-hari.

Namun, sangat penting untuk memahami bahwa perencanaan strategis bukan hanya sekedar rencana belaka. Perencanaan bisnis merupakan komitmen yang harus dipenuhi. 

Perencanaan bisnis adalah rencana berkelanjutan di mana bisnis harus memprioritaskan inovasi, bijak mengalokasikan sumber daya, dan juga menjaga keharmonisan pemegang saham, karyawan, dan memastikan bahwa setiap tindakan didasarkan dengan cermat pada dasar data dan logika baik secara general maupun detil. 

Apa yang sudah dirancang dalam perencanaan strategis tidak dapat diabaikan, karena strategi tersebut dibuat secara fleksibel dan cepat sebagai respons membantu menghadapi situasi tidak terduga.

Perencanaan strategis menawarkan beberapa manfaat yang berdampak signifikan pada kesuksesan bisnis, contohnya:

Menjadi Visi Bersama

Perencanaan strategis menjadi visi bersama untuk bisnis. Ini diartikan sebagai pemahaman bersama tentang tujuan bisnis, dasar dari setiap keputusan bisnis, dan bagaimana proses pencapaian tujuan bisnis. 

Mengidentifikasi "bias" untuk mempermudah pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan terkadang dapat membawa bias. Perencanaan strategis berfungsi sebagai dasar utama dalam setiap pengambilan keputusan bisnis. Hal ini membantu dalam mengatasi bias dan kekeliruan yang mempengaruhi dalam mengambil keputusan. 

Beragam pendapat dapat terjadi, namun pengambilan keputusan tetap didasarkan pada perencanaan strategis demi menghasilkan keputusan strategis yang tepat dan juga objektif.

Meningkatkan Efektivitas Bisnis

Perencanaan strategis memberikan kontribusi signifikan pada efektivitas dan membantu bisnis mencapai target. Melalui analisis faktor internal dan eksternal, bisnis dapat mengidentifikasi Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (analisis SWOT). Analisa ini menjadi dasar untuk menciptakan strategi yang bertujuan untuk memperkuat potensi bisnis, memanfaatkan peluang, dan mengurangi risiko yang dapat terjadi.

Berikut adalah beberapa trik dan tips perencanaan strategis untuk kesuksesan bisnis:

1. Tetapkan Tujuan Bisnis yang Jelas

Tentukan tujuan bisnis yang specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound (SMART) untuk usaha Anda. Tujuan-tujuan ini akan menjadi dasar perencanaan strategis Anda.

Lalu tuliskan dan jabarkan tujuan serta strategi yang terdiri dari tujuan, strategi, dan langkah-langkah ke depannya. Bagikan rencana ini dengan tim Anda untuk memastikan semua orang mengetahui dan mempunyai satu tujuan yang sama.

2. Analisis SWOT

Lakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis Anda dan memanfaatkan peluang yang ada. Analisis ini akan membantu Anda memahami posisi Anda saat ini di pasar dan dapat membantu Anda menemukan kelebihan serta manfaat dalam bisnis yang sedang dijalankan.

3. Marketing dan Branding

Membuat strategi marketing dan branding yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda merupakan salah satu cara untuk menjalankan perencanaan strategis. Salah satunya digital marketing dan sosial media, Anda dapat membuat bisnis Anda mencapai target pasar yang direncanakan. Hal itu memudahkan Anda untuk memasarkan dan memperkenalkan bisnis Anda ke khalayak luas.

4. Manajemen Keuangan

Mempunyai arus kas keuangan yang sehat adalah hal yang penting untuk bisnis. Pantau keuangan Anda dengan cermat dan pastikan bahwa anggaran Anda sejalan dengan tujuan strategis Anda. 

Manajemen keuangan sangat penting bagi bisnis baru untuk membangun fondasi yang kuat, membuat keputusan tepat, menarik perhatian investor, dan menghadapi tantangan dunia bisnis. Maka itu Anda wajib mempunyai wawasan yang diperlukan untuk mencapai stabilitas keuangan dan kesuksesan dalam jangka panjang.

Jika bisnis Anda memiliki keterbatasan keuangan dan ingin berkonsultasi dengan ahli keuangan, Anda bisa mengunjungi Lendingpot.id yang menawarkan layanan konsultasi dan memberikan Anda rencana bisnis dan keuangan terbaik untuk bisnis Anda.

Pentingnya perencanaan strategis bagi kesuksesan dan pertumbuhan bisnis tidak bisa dianggap remeh seperti menyatukan visi usaha, hal yang mempermudah pengambilan keputusan, dan meningkatkan efektivitas organisasi. Hal itu berguna sebagai landasan untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan bermakna dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini.

Untuk mewujudkan langkah keuangan yang praktis di dalam perencanaan strategis, Anda dapat berkonsultasi dengan Lendingpot. Jasa Lendingpot, pemilik bisnis dapat menghadapi tantangan bisnis dengan tepat karena membantu bisnis tidak hanya untuk bertahan, tetapi juga berkembang dalam situasi bisnis yang dinamis. Lendingpot membantu memperkuat reputasi bisnis dalam komunitasnya dengan upaya pertumbuhan dan kemakmuran. Apakah Anda siap untuk melangkah? Lendingpot siap membantu!


Lendingpot sebagai portal digital ketermuka yang bertugas membantu UKM untuk mendapatkan akses ke berbagai pendana yang terdiri dari partner bank maupun non-bank, lembaga keuangan terpercaya di Indonesia. Hal ini bertujuan agar kami dapat membantu pelaku bisnis untuk mengetahui informasi yang transparan dalam sektor pembiayaan UKM, seperti pinjaman modal kerja, pinjaman properti, pembiayaan atas piutang, dan lainnya.


BisnisIndonesiaMaju
Bisnisbangkit
bisnisonline
pengusahasukses
wirausaha
bisnissukses
PerencanaanStrategis
Artikel populer lainnya:

Layanan Pengaduan Konsumen  

Pengaduan Online:

Email: Ask@lendingpot.id

Contact: +62 878-6589-0101

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga  

Kementerian Perdagangan RI  

WhatsApp : +62 853 1111 1010